Selasa, 20 Oktober 2009

Peran keluarga

Melihat tayangan beberapa hari terakhir ini di media televisi membuat hati kita menjadi miris. Kenakalan anak, tawuran baik pelajar maupun mahasiswa, vandalisme di sekolah sampai geng motor, membuat kita yang sekarang menjadi orang tua mengelus dada. Kekerasan yang semakin meningkat dikalangan generasi muda kita. Yang terakhir tawuran mahasiswa di sebuah PTS di Jakarta sudah menggunakan bom molotov. Mereka semua kaum terpelajar yang seharusnya bisa mempunyai cara berpikir yang lebih santun dibandingkan dengan mereka yang tidak bersekolah. Tapi dalam hal ini sepertinya mereka sama, kalau ada sebuah judul film ada apa dengan cinta , nah ini sekarang menjadi “Ada apa dengan generadi muda kita..???

“Anak nakal bukan dilahirkan, tapi dibentuk oleh orangtua dan lingkungannya,” ini kata Nanny Deborah salah seorang Nanny dari Tim Nanny 911. Saya yakin para orang tua disini adalah para orangtua yang baik. Tetapi perlu hati-hati, biasanya perilaku buruk anak yang terjadi di keluarga baik-baik terjadi karena ada anggapan “jika orangtuanya baik, pasti anaknya baik.” Jika asumsi atau pandangan semacam ini masih tetap dianut, menyebabkan kita sebagai orangtua menjadi lengah atau santai-santai saja. Sementara kita tidak menyadari bahwa telah mebiarkan anak-anak kita secara tidak langsung dididik oleh orang lain atau lingkungannya. Jadi anda tidak perlu bingung lagi saat mendapati fenomena , “orangtuanya baik tapi kok.. anaknya berperilaku buruk..??”

Seorang pengamat pendidikan mengatakan bahwa awal kehancuran dari suatu bangsa ditandai oleh kehancuran generasi mudanya, dan awal kehancuran generasi muda dimulai dari pendidikan disekolah dan dirumahnya. Yang pada akhirnya membentuk pola pikir, cara pandang dan budaya generasi.

Saya ingin mengajak anda semua merenungkan, mencari jawabnya dan bertanya dalam hati dengan jawaban sebuah kejujuran...” sesungguhnya ..anak yang gagal dididik ataukah kita yang gagal mendidik..???” jawabnya ada dihati kita masing-masing.


Oleh : Endah Martiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar